Dorong Kerja Sama dengan Universitas Luar Negeri, ITB STIKOM Bali Gelar Seminar Internasional

BERITAFAJARTIMUR.COM (Denpasar-BALI) | Kampus ITB STIKOM Bali gelar seminar Internasional di Kampus ITB STIKOM Bali pada 13 Mei 2023.

Diketahui, kegiatan seminar internasional ini dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor III ITB STIKOM Bali I Made Sarjana, SE., MM., pada, Sabtu (13/5/2023).

Wakil Rektor III ITB STIKOM Bali I Made Sarjana, SE., MM., dalam kesempatan tersebut mengatakan seminar tersebut untuk mendorong kerja sama antara universitas di kawasan Asia.

“Seminar hari ini adalah internasional seminar, seminar yang bertujuan kerja sama dari ITB STIKOM Bali dengan universitas di Thailand, bahwa ada beberapa program yang kita kerja sama, salah satunya adalah Seminar Internasional ini,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain seminar ini ITB STIKOM Bali juga akan mengundang mahasiswa dari luar untuk belajar di STIKOM tentang teknologi dan budaya serta seni selama 1 sampai 2 bulan di Bali.

“Kita juga akan melakukan pertukaran pelajar atau student exchange bisa tentang teknologi, kultur maupun seni. Pertukaran pelajar nantinya bisa diikuti selama 1 sampai 2 bulan,” ujar Made Sarjana.

Made Sarjana menuturkan, Program kerjasama itu akan dijalankan pada bulan Juli dan Agustus. Karena itu, ITB STIKOM Bali akan melakukan MoU (memory of understanding) bersama dua kampus di Thailand tersebut.

“Kita berharap program ini bisa terealisasikan pada bulan Juni sampai Agustus tahun ini, dan besok kita akan diskusikan itu,” ucapnya.

Selanjutnya adalah pertukaran Dosen untuk ditempatkan di masing-masing universitas baik secara offline maupun online. Dan kedua program tersebut upaya untuk percepatan target ITB STIKOM Bali setelah tahun 2023 sebagai kampus level global.

Disisi lain, Director of Directorate Cooporation Industrial Services and Intelektual Property Right ITB STIKOM Bali Dr. Evi Triandini, M.Eng., mengatakan kerjasama antara ITB STIKOM Bali dengan kampus Rajamangala University of Technology Thanyaburi (RMUTT), sudah terjalin sejak tahun 2020.

Salah satu dosen asal ITB STIKOM Bali yang mengikuti program pertukaran dosen adalah Evi Triandini. Ia berkedudukan sebagai pendamping mahasiswa S-3 untuk departemenco promotor mechatronic dan robotic.

“Sekarang juga ada program penelitian bersama dengan dosen RMUTT dan mengembangkan kerjasama dengan VRU, Thailand,” tutur Evi.

Seminar internasional itu mengangkat pembahasan terkait teknologi robot untuk pertanian, medis dan industri atau hal yang berkaitan dengan internet of things (IOT).

Sebelumnya, ITB STIKOM Bali telah menjalin kerja sama dengan HELP University Malaysia, WuFeng University, Tiongkok dan kerja sama dengan Jepang dalam program kuliah sambil magang kerja.

Kegiatan seminar dihadiri oleh Assoc. Prof. Dr. Sombat Kotchasit President of Valaya Alongkorn Rajabhat University, Thailand. Asst. Prof. Dr. Thosporn Sangsawang, Director of The Center of Innovation and Learning Technology Rajamangala University of Technology Thanyaburi, Thailand.

Assoc. Prof. Dr. Dechrit Maneetham Head of Dept. Mechatronics and Robotics Rajamangala University of Technology Thanyaburi, Thailand. Assoc. Prof. Minkyung (Min) Park, Ph.D. George Mason University, Virginia, Husni Teja Sukmana, S.T.,M.Sc.,Ph.D APTIKOM Secretary General.

Untuk diketahui, dalam seminar ini, ITB STIKOM Bali juga mengundang perwakilan George Mason University, Virginia yang hadir secara online.(BFT/DPS/Dion)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*