Gelar Acara Perpisahan, SMAN 5 Denpasar Luluskan 471 Siswa

BERITAFAJARTIMUR.COM (Denpasar-BALI) | SMAN 5 Denpasar yang terletak di Jl. Pendidikan Denpasar, hari ini, Sabtu, 20 April 2024 menggelar acara perpisahan siswa kelas XII. Sebanyak 471 siswa jurusan IPA dan IPS berhasil lulus. Di mana jika dibandingkan tahun lalu (2023) yang lulus sejumlah 431. Dan ini mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya siswa yang memilih sekolah ini untuk melanjutkan pendidikannya.

“Pada tahun 2024 ini terjadi penambahan Rombel (rombongan belajar, red). Hal itu dikarenakan minat masyarakat memilih SMAN 5 Denpasar cukuplah tinggi,” kata Kepala Sekolah Dra. Cokorde Istri Mirah Kusuma Widiawati, M.Sos kepada media Beritafajartimur.com, di sela-sela acara, Sabtu (20/4/2024).

Selama kepemimpinan Cok Istri Mirah Kusuma Widiawati, SMA Negeri 5 Denpasar student body di Sekolah ini terus naik seiring meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap lembaga ini.

Sementara outputnya yang diterima di Perguruan Tinggi ternama seperti Universitas Udayana (Unud), ISI Denpasar, Poltekes, Universitas Pendidikan Ganesa, Universitas Brawijaya, Universitas Erlangga, Universitas Mataram, dan Institut Teknologi Bandung (ITB) kian tahun bertambah jumlahnya dibandingkan sekolah-sekolah lain di Kota Denpasar.

“Itu dikarenakan para lulusan setelah tamat lebih memilih untuk langsung melanjutkan ke perguruan tinggi,” terang Cok Mirah Kusuma Widiawati, bangga.

Lebih jauh dikatakan Cok Widiawati, dilihat angka rasio SMAN 5 Denpasar dari tahun ke tahun jumlah lulusan yang memilih perguruan tinggi cukup tinggi. “Ini menandakan para lulusan sekarang lebih memfokuskan dirinya untuk lebih banyak ingin menuntut ilmu di dunia pendidikan dibandingkan harus langsung terjun dalam dunia kerja,” terangnya.

Menurutnya, selain melepas siswa kelas XII, acara ini juga sekaligus menyampaikan ungkapan rasa syukur ke hadirat Ida Sang Hyang Widhi Wasa/ Tuhan Yang Mahakuasa, juga rasa bangga kepada para lulusan tahun 2024 ini, sebab selama mereka mengenyam pendidikan di SMA Negeri 5 Denpasar telah banyak meraih prestasi, tidak hanya di akademik melainkan juga di non akademik.

“Bisa dibilang tahun 2024 ini menjadi momentum yang istimewa buat sekolah, sebab acara pelulusan bisa dilaksanakan penuh kekeluargaan,” ungkap Cok Widiawati, sembari berkaca-kaca.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Komite dan Pengawas diisi berbagai hiburan yang ditampilan oleh siswa kelas X, XI, dan XII.

Untuk diketahui, Cok Istri Mirah Kusuma Widiawati telah mengabdi selama 3 tahun di SMAN 5 Denpasar. Dan ini momen yang tidak mudah dilupakan karena terhitung enam bulan ke depan dirinya akan memasuki purna tugas.

Sebelum acara perpisahan dilaksanakan dilaksanakan persembahyangan bersama di merajan sekolah (mepamit). Pada momen ini juga diisi dengan pemberian kenang-kenangan cendramata kepada 10 siswa lulusan terbaik dari Jurusan IPA dan IPS, serta memberi piagam penghargaan kepada siswa yang lulus SNBP dan sejenisnya.

“Semoga ke depannya, apa yang menjadi jejak dari kakak-kakak kelasnya bisa sepenuhnya diikuti oleh adik-adik kelasnya dalam hal prestasi hal hal yang baik lainnya,” harap Cok Widiawati.

Sembari menambahkan,” Bahkan prestasi yang sudah di dapat oleh kakak-kakak kelasnya kedepannya bisa lebih ditingkatkan oleh adik-adik kelasnya,” pungkas Cok Mirah Widiawati. (Donny Parera)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*