Kapolda Bali Pimpin Pengambilan Sumpah dan Penandatangan Pakta Integritas Penerimaan Terpadu Calon Taruna Akpol Bintara dan Tamtama Polri T.A. 2024

BERITAFAJARTIMUR.COM (Denpasar-BALI) | Polri secara konsisten terus melakukan regenerasi dalam hal perekrutan personel yang berkompeten untuk berkarir pada Korp Bhayangkara. Saat ini Polri melalui Polda Bali kembali membuka penerimaan anggota polri melalui jalur Taruna/Taruni Akpol, Bintara tugas umum maupun kompetensi khusus serta Tamtama Polri.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kapolda Bali Irjen. Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra, S.I.K., M.Si., pimpin pengambilan sumpah dan penandatangan Pakta Integritas Penerimaan Terpadu Calon Taruna Akpol Bintara dan Tamtama Polri T.A. 2024, yang bertempat di Gedung Presisi Polda Bali, Denpasar, Jumat (19/4/2024).

Kegiatan tersebut diikuti oleh Irwasda Polda Bali Kombes. Pol. Arief Prapto Santoso, S.I.K., M.H., M.M., Karo SDM Polda Bali Kombes Pol. Tri Bisono Soemiharso, S.I.K., M.H., yang nampak mendampingi Kapolda Bali, serta seluruh PJU Polda Bali, pantia perekrutan , perwakilan peserta dan perwakilan orang tua peserta secara langsung di Gedung Presisi Polda Bali yang disaksikan oleh pengawas Rekrutmen Polri internal maupun eksternal.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, laporan dari perwira yang ditunjuk, dilanjutkan pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas di hadapan seluruh peserta yang hadir pada acara tersebut.

Dalam arahannya, Kapolda Bali Irjen. Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra, S.I.K., M.Si., menyampaikan ucapan selamat datang di Polda Bali dan menyampaikan apresiasinya atas antusiasnya dalam seleksi kepada seluruh peserta dan para orang tua maupun wali peserta penerimaan anggota polri T.A 2024. ”Saya ucapkan selamat datang dan apresiasi kepada seluruh peserta sekalian atas antusiasme dan partisipasinya untuk mengikuti seleksi ini,” ucapnya.

Jenderal bintang dua ini juga menyampaikan bahwa dalam proses rekrutmen Polri, khususnya pada Polda Bali telah berkomitmen menciptakan suasana rekrutmen yang Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis (BETAH) serta Bebas dari korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

”Kita semua memliki tanggung jawab moral yang sama untuk menciptakan kader penerus Polri yang berintegritas dan berkualitas sesuai dengan program prioritas Kapolri yaitu Menjadikan SDM Polri yang unggul di era Police 4.0.,” ujarnya.

Kapolda Bali berpesan kepada seluruh panitia, pengawas internal maupun eksternal agar melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik sesuai SOP integritas penerimaan harus selalu kita junjung jangan nodai kerja keras kita ini dengan tindakan-tindakan tercela dengan maksud mencari keuntungan pribadi.

”Jangan coba-coba mencari sponsorship dari siapapun termasuk panitia untuk dapat meluluskan peserta. Saya tegaskan akan memproses sesuai hukum apabila ada panitia atau peserta yang terbukti melakukan pelanggaran dalam proses penerimaan kali ini,” tekan Kapolda.

Sesuai dengan arahan Kapolda Bali tersebut, diharapkan Untuk para peserta dan orang tua atau wali peserta penerimaan, agar mengikuti proses seleksi ini dengan baik sesuai kemampuan masing-masing matangkan kesiapan para peserta sekalian dan tetap jaga kesehatan karena rangkaian tahapan seleksi cukup panjang.

Sesuai dengan data dari Biro SDM jumlah pendaftar yang telah terverifikasi dan akan mengikuti rangkaian tahapan seleksi berjumlah sebanyak 634 orang dengan rincian, Taruna/Taruni Akpol sejumlah 118 Orang, Bintara sejumlah 493 Orang, Tamtama sejumlah 23 Orang. Jumlah tersebut khususnya Bintara dan Tamtama kemungkinan masih akan bertambah karena proses pendaftaran dan verifikasi masih berlangsung dan akan ditutup pada tanggal 25 April 2024 nanti.(BFT/DPS/alit_pid)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*