Universitas Warmadewa Mewisuda 1022 Sarjana Baru, Rektor : Penerimaan Mahasiswa Berbasis Teknologi Informasi

Denpasar, BERITAFAJARTIMUR.COM
Universitas Warmadewa dalam rangkaian acara memperingati kelahirannya (Dies Natalis) ke 34 dan wisuda sarjana ke 58, hari ini, Senin (17/9/2018) berhasil mewisuda 1022 sarjana baru dari berbagai jurusan termasuk 94 orang tamatan Pascasarjana.

Rinciannya : 94 lulusan Pascasarjana, Fakultas Hukum 87 orang, Ekonomi 517 orang, Sastra 109 orang, Pertanian 34 orang, Teknik 152 orang, Fakultas Teknik, Fisip 23 orang dan Kedokteran 7 orang.

Dalam laporannya Rektor Unwar Prof.dr. Dewa Putu Widjanan, DAP&E.Sp.PARK, menjelaskan ,”Dengan diwisudanya lulusan pada hari ini maka jumlah alumni Universitas Warmadewa sebanyak 28.978 orang. Dari segi output lulusan juga sangat membanggakan yaitu : yang meraih IP diatas 3.0 sebanyak 985 orang (96,37%), masa studi tepat waktu sebanyak 913 orang (89,33%) dan menyelesaikan tugas akhir kurang dari 6 bulan 891 orang (88,39%),”ungkapnya.

Rektor Dewa Putu Widjana mengucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati beserta keluarganya,”Saya selaku Rektor dan atas nama civitas akademika mengucapkan selamat atas keberhasilan saudara menyelesaikan studi dan secara resmi dinyatakan sebagai lulusan (alumni) Universitas Warmadewa. Status sebagai alumni akan melekat selamanya , oleh karena itu kita harus sinergis menjaga nama baik almamater Universitas Warmadewa yang kita cintai. Dengan upacara wisuda pada hari ini saudara berhak mendapat ijasah sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuni selama di Universitas Warmadewa dan boleh berbangga karena telah menyelesaikan pendidikan tiinggi baik untuk S1 maupun S2. Saya selaku Rektor Universitas Warmadewa juga merasa berbahagia karena sudah bisa menjalankan amanat yang dipercayakan mendidik anak bangsa untuk menyelesaikan pendidikan tinggi. Menghadapi Revolusi Industri 4.0, saya berharap kepada seluruh wisudawan yang dilepas pada hari ini agar tidak berhenti belajar sampai disini. Belajarlah di masyarakat secara berkelanjutan dan mengabdilah bagi kepentingan Bangsa dan Negara dimanapun nanti saudara bekerja,”harap Rektor Unwar.

Tak hanya itu, Rektor Dewa Putu Widjana menekankan bahwa tantangan ke depan makin kompleks dan sangat kompetitif, karena itu upaya untuk memajukan Universitas Warmadewa dilakukan secara menyeluruh , baik dari internal maupun ke kancah eksternal dengan harapan tetap dapat mengemban kepercayaan masyarakat. Upaya tersebut dilakukan secara nyata mulai dari penerimaan mahasiswa baru berbasis Teknologi Informasi, dimana calon mahasiswa bisa mendaftar dari manapun selama 24 jam. “Dengan penerapan teknologi informasi ini mahasiswa hanya datang ke kampus pada saat tes penerimaan mahasiswa baru. Semua penerimaan mahasiswa baru baik S1 maupun S2 telah terintegrasi dengan pangkalan data di universitas, sehingga penerapan tata kelola yang baik akan diwujudkan,”jelasnya.

Untuk menjamin mutu lulusannya, Universitas Warmadewa terus meningkatkan sarana dan prasarana untuk menunjang proses pembelajaran termasuk kualitas dan kuantitas input para calon mahasiswanya.”Kualitas proses pembelajaran terus ditingkatkan dengan melakukan Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) yang lebih baik melalui Audit Mutu Internal (AMAI) setiap tahun divawah koordinasi Badan Penjamin Mutu (BPM). Disamping itu semua program studi sudah memberlakukan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) sejak tahun 2016. Dengan penerapan kurikulum ini setiap dosen wajib menjalankan pembelajaran berbasis Student Centered Learning (SCL) yaitu pembelajaran yang berpusat kepada mahasiswa,”demikian Rektor.

Sementara itu, Ketua Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si, mengatakan,” Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali sebagai Badan Hukum Penyelenggara Pendidikan Universitas Warmadewa sebagai Perguruan Tinggi yang unggul dalam menghadapi tantangan global sesuai dengan visi Universitas “Bermutu, Berintegritas, berwawasan lingkungan kepariwisataan.”
Dengan berlandaskan Sapta Bayu sebagai Spririt Sri Ksari Warmadewa, Yayasan selalu proaktif dalam pengelolaan sumber daya secara sistematis dan terencana. Menerapkan pengetahuan, sarana dan sumber-sumber pendanaan yang dapat mendukung kinerja dan kualitas pelayanan, melalui sistem penjamin mutu internal maupun eksternal dengan didukung oleh sistem informasi manajemen berbasis informasi teknologi secara online,”ucapnya.

Wisnumurti pun mengajak seluruh civitas Universitas Warmadewa agar tetap menjaga kepercayaan masyarakat dengan penuh tanggung jawab. “Perubahan pola pikir (mindset) dan budaya kerja (cultureset) untuk menghasilkan outcome yang berkualitas harus terus diupayakan. Demikianpun dengan pengembangan sistem informasi manajemen berbasis teknologi informasi, membangun relasi yang produktif, memperkuat kelembagaan, peningkatan kualitas SDM, sarana prasarana dan kesejahteraan sudah menjadi kebijakan strategik yang harus diimplementasikan,”harap Wisnumurti.

Hadir pada kesempatan ini Bupati Karangasem I Gusti Agung Mas Sumatri, Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Dr. Drs. Anak Agung Wisnumurti, M.Si, Kepala LL Dikti Wilayah VIII Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, M.Si,.

Penulis : Donny Parera

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*