Yosep Diaz: Pertanian di Bali Digenjot Jadi Sektor Unggulan Dukung Pariwisata

Denpasar, Beritafajartimur.com Program unggulan Provinsi Bali terutama dalam memajukan dan mengembangkan pertanian di Bali seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bali, Ida Bagus Wisnu Ardhana. “Dimana beliau mengatakan akan terus mengenjot sektor pertanian dalam menjaga kestablian perekonomian. Jika program ini bisa terus berjalan tentu akan menguntungkan masyarakat petani kedepannya,” ujar Yosep Yulius Diaz yang akrab disapa Yosep Diaz, Jumat (19/10) di Denpasar.

Menurut calon legeslatif (caleg) DPRD Bali Dapil Kota Denpasar dari Partai Gerindra nomor urut 7 ini menjelaskan, Bali disektor pertanian merupakan sektor unggulan, setelah pariwisata. Berkaca dari kejadian erupsi Gunung Agung, pertanian masih tetap bertahan. Apalagi kedepannya dirasakan akan bisa berkembang dengan baik, sebab pertanian di Bali akan mulai mendapat dukungan dengan adanya teknologi baru. “Selain itu, hasil pertanian tetap menjadi kebutuhan pokok setiap orang,” jelasnya.

Lebih jauh, untuk itu, generasi muda diharapkan serius menekuni bidang pertanian dengan melakukan inovasi sehingga menghasilkan produktifitas yang maksimal. Bahkan generasi muda juga musti rajin melakukan penelitian terkait bagaimana mengembangkan lahan pertanian sempit, serta cara pembudidayaan yang baik dan benar. “Disamping itu, pelatihan peningkatan sumber daya manusia (SDM) terus ditingkatkan, khususnya bagi mereka sebagai Pendamping Sistem Manajemen Pertanian Terintegrasi (Simantri),” ucapnya.

Peluang sektor pertanian sangat besar dan menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat petani. Mengingat Bali sebagai daerah agraris yang memiliki produk unggulan seperti beras, jagung, kedelai, tanaman perkebunan hingga tanaman hias. Semestinya ini yang perlu ditingkatkan, sebab dengan melakukan pemberdayaan secara berkala dan berkelanjutan akan memiliki prospek yang luar biasa kedepan buat para petani di Bali. “Selain itu, Bali sebagai tujuan wisatawan asing dan nusantara dalam memenuhi kebutuhan tersebut perlu memperhatikan pertanian keberlanjutan seperti juga ikut memperhatikan subak-subak di Bali,” imbuhnya.

Ditambahkan, begitu pula dengan petani beras dapat meningkatkan produktifitas dengan mengembangkan produksi beras berbasis organik. Semoga upaya pemerintah dalam meningkatkan dan memajukan pertanian bisa dirasakan langsung oleh petaninya. (War/don)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*