Sambut Hari Raya Saraswati, “Pustakeling Ayang Ebeb” Gelar Mesatua di SD 1 Peguyangan

BERITAFAJARTIMUR.COM (Denpasar-BALI) | Serangkaian dengan hari Raya Saraswati, dan untuk menguatkan program literasi di lingkungan sekolah, Perpustakaan Keliling “Pustakeling Ayang Ebeb” menggelar kegiatan Mesatua di SD 1 Kelurahan Peguyangan, pada Jumat (15/12/2023).

Tema yang diangkat yakni menyinggung isu penting terkait kebersihan sungai dan sumber air, mengingat dampak banjir di musim penghujan.

Saat dihubungi, Lurah Peguyangan, I Gede Sudi Arcana, menyampaikan, selain peningkatan literasi, kegiatan yang dihadiri juga Bunda Literasi Kelurahan Peguyangan, Ny. Dian Ekawati Sudi Arcana ini juga ditujukan untuk mempererat hubungan antara sekolah dan kelurahan.

“Kita harapkan nantinya kegiatan ini akan dapat melibatkan berbagai unsur tingkatan pendidikan, mulai dari TK/PAUD, SD, SMP, SMA/SMK, hingga Universitas yang ada di lingkungan Kelurahan Peguyangan,” katanya.

Sudi Arcana juga menuturkan, kegiatan perpustakaan keliling di Kelurahan Peguyangan adalah bentuk edukasi literasi era baru. Dirinya juga menekankan bahwa kehadiran kepala sekolah, bunda literasi, dan pihak terkait lainnya, termasuk penyuluh basa Bali dan PLKB Kelurahan Peguyangan, akan menjadi langkah strategis untuk memperkenalkan literasi serta melestarikan bahasa Bali.

Selain mesatua, kegiatan ini juga dilengkapi dengan sosialisasi kesehatan dan reproduksi oleh penyuluh KB, yang menyampaikan informasi penting terkait kesehatan dan reproduksi kepada anak-anak.

“Pemberian pemahaman tentang reproduksi ini akan ditujukan untuk membekali anak-anak mengenai hal-hal yang dulu dianggap tabu terkait organ tubuh yang vital, khususnya pada anak perempuan, agar mereka dapat menjaga dan melindungi diri dengan lebih baik,” urai Gede Arcana.

Sementara salah seorang siswa Putu Eka Suasti merasa senang dan gembira dengan adanya kegiatan seperti ini. “Kegiatan yang sangat menyenangkan, selain itu kegiatan seperti ini menambah wawasan dan pengetahuan kita,” ujar gadis cilik ini sambil tersenyum sumringah. (HumasDps/Ayu)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*