Sukseskan Swasembada Pangan, Pangdam IX/Udayana Panen Raya Padi di Desa Sidan

BERITAFAJARTIMUR.COM (Gianyar-BALI) – Dalam kunjungannya ke Kodim 1616/Gianyar Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Bambang Trisnohadi beserta rombongan melaksanakan Panen Padi Organik bertempat di Subak Kwalonan Desa Sidan, Kabupaten Gianyar, Selasa (26/3/2024).

Hal ini dilaksanakan dalam rangka membantu program percepatan pemerintah dalam menuju swasembada pangan melalui kerjasama pemerintah Desa Sidan dengan Kodim 1616/Gianyar.

Pangdam IX/Udayana beserta rombongan tiba di Subak Kwalonan Desa Sidan, Kecamatan Gianyar disambut Dandim 1616/Gianyar Letkol Cpn Gede Winarsa didampingi Forkopimda Gianyar dilanjutkan pengalungan bunga oleh Perbekel Sidan diiringi gambelan Bleganjur.

Perbekel Desa Sidan Made Sukrayusa S.Sos., dalam sambutannya menyampaikan bahwa masyarakat Desa Sidan sangat bangga karena Desa Sidan merupakan salah satu desa yang mengusung pertanian padi organik. Pertanian padi organik di Desa Sidan, sudah dimulai semenjak tahun 2020 dimana saat itu bersamaan dengan Pandemi Covid 19 sehingga pertanian menjadi salah satu bidang yang eksis.

“Pemerintahan Desa Sidan yang bekerjasama dengan TNI AD khususnya Kodim 1616/Gianyar memperluas penggunaan padi organik terus bergulir sampai dengan saat ini, panen bersama di Subak Kwalonan ini dengan jenis tanam padi Inpari 32 (Inbrida Padi Sawah Irigasi) dengan luas lahan panen 9 Ha dan hasil panen padi 7,48 ton perhektar,” ujarnya.

Setelah menerima penjelasan dari Kepala Desa Sidan Pangdam IX/Udayana beserta rombongan menuju persawahan Subak Kwalonan dan secara simbolis melaksanakan panen padi selanjutnya menuju ke tempat perontokan padi yang menggunakan mesin Dores.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Danrem 163/WSA, Para Asisten Kasdam IX/Udy, Kasi Ops dan Kasiintel Kasrem 163/WSA, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Gianyar, Dandim 1616/Gianyar, Kapolres Gianyar, Kajari Kabupaten Gianyar diwakili Kasi Intel, Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Gianyar, Danyon Zipur 18/YKR, Camat Gianyar serta undangan lainnya. (BFT/DPS/Pendam IX/Udy)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*