SMA 4 Denpasar Juara Umum Cabang Seni Porsenijar Tingkat SMA/SMK Kota Denpasar

BERITAFAJARTIMUR.COM (Denpasar-BALI) | SMA Negeri 4 Denpasar dalam Pekan Olahraga dan Seni (Porsenijar) tampil sebagai Juara untuk Cabang Seni tingkat SMA/K tahun 2024. Porsenijar Kota Denpasar ditutup Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa di GOR Lila Bhuwana Denpasar, Sabtu (15/4/2024), SMA Negeri 4 Denpasar berhasil meraih tempat terhormat untuk ke-4 kalinya yakni tahun 2018, 2019, 2023 dan 2024.

Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Denpasar I Made Sudana, S.Pd.,M.Pd., menjelaskan bahwa,” Dengan diraihnya prestasi juara umum 1 di pekan seni remaja atau di PSR dan di pekan olahraga pelajar, saya sebagai kepala sekolah SMA Negeri 4 Denpasar merasa bersyukur dan bangga atas kerja keras dari pada siswa-siswi yang mengikuti Porjar dan PSR, tentu ini adalah suatu kebanggaan yang tidak ada nilainya, dan yang mampu membanggakan lembaga, mampu membanggakan warga sekolah, orang tua dan diri sendiri. Lebih tepatnya tentu kita harus berkreativitas membuat program, sehingga kita bisa mampu mempertahankan prestasi yang kita raih. Untuk mencapai prestasi tentunya dicapai melalui latihan yang terarah dan meningkatkan porsi latihannya untuk meningkatkan ketahanan fisik. Banyak orang menyebut lebih gampang mempertahankan, maka beranjak dari situ berarti kita akan membuat program- progam yang inovatif sesuai dengan mata lomba yang dipertandingkan atau di lombakan,” jelasnya.”

Lanjutnya,” Anak-anak memang mereka sudah berprestasi sejak SMP. Tentunya kita tinggal memoles mereka dengan latihan intensif terutama menjelang ada event seperti Porsenijar ini,” katanya, saat ditemui Beritafajartimur.com, pada Kamis, 18 April 2024 di sekolah setempat.

Menurutnya, anak asuhnya mengambil ekstra kurikuler sesuai cabang olahraga favoritnya sehingga mereka bisa berprestasi maksimal. “Ya tentunya anak anak mengambil ekstra kurikuler favoritnya karena dengan begitu mereka bisa mencapai prestasi maksimal,” jelasnya tentang resep mendapatkan medali dalam keikutsertaan di Porsenijar tahun demi tahun.

Sembari menambahkan,” Sudah 4 kali berturut-turut SMA 4 Denpasar menjadi Juara Umum untuk Cabang Seni sehingga disamping mendapat piala tetap juga piala bergilir,” ungkapnya.

Terkait persiapan Porsenijar, Salah satu siswa kelas 10 SMA Negeri 4 Denpasar, Made Tristan Sadhu Siliwangi, peraih medali Emas Pojar Kota Denpasar mengatakan,” Kalau persiapan, kami dari karate itu tentunya sudah dari jauh hari, dari ranting masing-masing itu sudah berbulan-bulan, dari sejak SMP saya sudah mengikuti karate, untuk persiapan Porjarnya lebih intensif itu di sediakan oleh sekolah 1 minggu sebelum pertandingan. Itu kami ekstra karate latihan 1 Minggu pagi dan sore untuk menyiapkan Porjar.
Lumayan saingannya, dan atas kerja keras kami juga kami bisa juara satu,” ungkapnya membuka rahasia kesuksesannya.

Sementara I Gusti Agung Putu Sri Purnami Padmawati, biasa disapa Gek Padma, Juara 1 Baca Puisi Putri SMA/K PSR Kota Denpasar 2024, terkait persiapannya mengatakan,” Untuk persiapannya itu dimulai sekitar akhir bulan Februari, jadi sekitar 2 bulan kita persiapan. Dan itu ada latihan bareng, ada latihan intensif juga untuk di sekolah, jadi terus menerus mengulang-ulang puisinya, agar lebih bagus lagi dan masuk finish,” ungkapnya.

Sama halnya dengan Ni Putu Felicya Devi Maharani, walaupun hanya menempati Juara 2 melukis, namun dirinya juga persiapan tak main-main.
“Persiapannya sama juga kurang lebih dari akhir Februari itu. Persiapannya itu mulai dari bikin sketsa, mantepin sketsa buat di hari lomba, mau pakai yang mana, mungkin kaya ulang-ulang terus latihannya, nyari warna yang pas juga,” jelas siswa berprestasi yang biasa disapa Felicya ini.

Adapun Siswa SMA Negeri 4 Denpasar yang meraih prestasi di Porsenijar Kota Denpasar tahun 2024 terdiri dari: Made Tristan Sadhu Siliwangi, Juara 1 Karate Pojar Denpasar 2024, kelas 10

I Gusti Agung Putu Sri Purnami Padmawati, Juara 1 Baca Puisi Putri SMA/K PSR Kota Denpasar 2024.
I Made Aditya Sembah Permana, Juara 1 Baca Puisi Putra SMA/K PSR Kota Denpasar 2024.

I Made Yogi Widiarsana, Juara 1 Nyurat Lontar Putra SMA/K PSR Kota Denpasar 2024.
Ida Ayu Dipavali Pradnyani, Juara 1 Nyurat Lontar Putri SMA/K PSR Kota Denpasar 2024.
Ni Putu Namerta Kirana, Juara 2 Nyurat Lontar Putri SMA/K PSR Kota Denpasar.

Aurellia Vania Prasanti, Juara 1
I Made Adi Kusuma Ardana, Juara 1.
Ni Putu Felicya Devi Maharani, Juara 2.
Nyoman Pande Darmawan Sumerta, Juara 2.
Cabang Melukis SMA/K PSR Kota Denpasar 2024

TOTAL MEDALI SMAN 4 Denpasar untuk Cabang Seni
EMAS : 6
PERAK : 6
PERUNGGU : 2. (Penulis: Donny Parera)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*